Sabtu, 18 Februari 2017

Tepat Sebelum Es Serutku Habis


Aku menyendokkan es serut ke mulut cepat-cepat. Sesekali menuangkan cairan sirup yang diberikan terpisah, juga memilah beberapa potong buah manis yang ada di puncak gunungan esnya.

Kamu tersenyum, "Gini, dong."

Suaramu menginterupsi. Aku menghentikan kegiatan dan menatap lurus, tak mengerti. "Apa?"

"Jangan nangis."

Aku tersenyum kecut. Mengingat sekitar sejam lalu aku masuk ke mobilmu sesenggukan. Pertanyaan, "Kenapa, Sayang?" kujawab dengan tangis lebih keras dan penjelasan terbata-bata. Sebenarnya aku tak yakin kamu mendengar jelas permasalahan yang kuutarakan, tapi sesekali kamu mengangguk, menyetir mobil perlahan menyusuri jalan-jalan sepi di komplek perumahan.

Kita tak punya tujuan. Kita tidak sedang menuju kemana-mana.

Saat airmataku surut, baru kamu kembali bertanya, "Mau makan es krim?" yang dilanjutkan dengan, "Mau es krim apa? Ingat tempat es serut yang waktu itu kita makan? Mau makan di sana, nggak?"

Lalu aku mengangguk. Ini musim hujan, hampir tiap malam hujan turun deras, menyisakan jalanan basah pagi-pagi. Tapi, siapa juga di antara kita yang peduli, kan?

Makan es krim di musim hujan tak ada apa-apanya dibanding hal nyeleneh lain yang pernah kita lalui dan lakukan. Saat itu tentang aku dan kamu, segala aturan dan urusan menjadi tak signifikan.

"Hey, Cantik!" ucapmu sembari merapikan rambut ke belakang telingaku, khawatir jatuh ke mangkok yang isinya kini mulai mencair.

Aku menyudahi lamunan. "Aku juga nggak mau sering menangis."

"Bagus." Ada cubitan kecil di daguku. "Tapi kalau cuma keinginan saja, tidak cukup. Izinkan banyak hal masuk ke hidupmu. Kurangi kadar kepentingan orang-orang yang lebih sering menyakiti ketimbang membahagiakan."

Mendengar kalimatmu, aku mengangguk lekas. "Tentu."

"Dan yang paling penting..."

"Ya?" Aku menoleh, menunda penyelesaian es serut di mangkokku.

"Berikan kesempatan bagi yang sungguh-sungguh mau membahagiakanmu."


Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/dessert-234717/

0 comments:

 

Template by Best Web Hosting